Headlines News :
Home » , , , , , , , , » Dahlan: BUMN bantu penyelesaian krisis kedelai

Dahlan: BUMN bantu penyelesaian krisis kedelai

Written By Unknown on Sabtu, 28 Juli 2012 | 12.56

BeritaTuban dot com , Bogor - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negera Negara berupaya membantu mengatasi krisis tahu tempe lewat cara mencarikan lahan dalam jumlah sangat besar untuk ditanami kedelai.

"BUMN berupaya membantu bukan mengatasi, karena ini bukan tugas utama kami (BUMN). Kami akan mencarikan lahan yang sangat besar untuk ditanami kedelai," katanya setelah menghadiri Pesantren Kilat Ramadhan 1433 H bertema "Jurnalistik dan Kepemimpinan" untuk pelajar, mahasiswa, anak yatim dan "dhuafa" di Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Menteri mengatakan, BUMN akan mencarikan lahan dengan luas hingga 20.000 hektare yang nanatinya untuk ditanami kedelai dalam jumlah besar.

"Penanaman tentunya akan dilakukan pada musim kedelai agar bisa lebih tepat," katanya.

Menteri mengatakan lokasi lahan bisa dimana saja mungkin di kebun-kebun sawit yang belum ditanam seperti Sumatera, Riau juga bisa.

Dahlan menjelaskan, BUMN tahun ini mau membantu dalam bidang beras, gula dan ternak. Rencananya bantuan untuk kedelai akan dilakukan tahun depan.

Iapun heran gejolak kedelai lebih duluan terjadi dari perkiraan. Karena krisis kedelai juga sudah pernah terjadi tahun-tahun sebelumnya.

"Secepatnya kita akan mencari dan menyediakan lahan, sebanyak mungkin 20.000 hektare. Banyak kemungkinan bisa dikelola oleh PTPN, Bulog atau keroyokan," katanya.

Mengenai revitalisasi Bulog, Dahlan mengatakan, Presiden sudah memutuskan untuk mengembalikan peran Bulog dalam menstabilkan harga kedelai.

Dahlan menjelaskan, krisis kedelai bukan salahnya Bulog. Ini terkait kebijakan kira-kira 15 tahun yang lalu dimana bulog tidak boleh lagi melakukan itu.

"Jadi bulan Bulog bukannya tidak mau. Jadi setelah revormasi dulu, Bulog dianggap bagian dari yang mendistorsi mekanisme pasar, itu yang begitu-begitu IMF tidak senang. Oleh karena itu Bulog tidak boleh lagi berfungsi pada stabilitas harga," kata menteri.

"Jadi ini keputusan lama sekali, selama ini Bulog tidak melakukan bukan tidak mau tapi tida boleh. Tapi sekarag pak Presiden mengatakan tidak peduli dengan semua itu Bulog diaktifkan lagi fungsinya sebagai stabilisasi harga. Dan saya akan melaksanakan, menurut saya bagi rakyat itu yang terbaik," katanya lagi. (KR-LR/R007)


Editor | Publisher :  Ruslan Burhani | Rangga
   [AntaraNews] COPYRIGHT © Warta Tuban 2012
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

SERVER Distributor PULSA MURAH

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Kabar Berita Tuban dot Com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger